Friday, July 8, 2011

D1 survey dan pemetaan

Keterangan
Uraian: 
Pemetaan dilapangan pada dasarnya masih rangkaian dari prinsip-prinsip dasar yang masih perlu dipelajari untuk mengaplikasikan membuat peta atau menentukan suatu peta. Peta dibuat perlu menyeleksi berdasarkan bentuk-bentuk rupa bumi yang akan dikaji. Aturan menentukan pembuatan peta dilalui melalui proses dan teknik sesuai dengan langkah pembuatan peta dilapangan. Adapun pembuatan peta ini membutuh alat konvensional maupun digital (komputerisasi) sehingga menghasilkan produk peta yang menarik untuk dimanfaatkan. Melalui penampilan powerpoint dengan tampilan dari LCD memudahkan kita menerangkan rangkaian kegiatan proses pembuatan peta baik secara konvensional maupun digital.
    Pembahasan peta ini pada umumnya mengenai persyaratan suatu dengan komponennya disajikan dengan aplikasi pada peta. Proyeksi peta di sajikan dengan berbagai macam proyeksi peta dan gambar proyeksinya yang menarik. Skala peta ditampilkan mengenai macam-macamnya serta model penghitungan skala itu sendiri.Dan terakhir fungsi bagi kehidupan sehari-hari yang dimanfaatkan untuk semua yang membutuhkannya.
    Siswa pada dasarnya sudah mengetahui tentang peta, sehingga materi ini lebih terhadap pendalamannya. Siswa diajak dengan media ini untuk lebih berinteraksi dan memahami hakikat pembuatan dan pemanfaatan peta itu sendiri.
    Siswa diharapkan mempunyai pengetahuan peta yang lebih baik dengan sarana multimedia dengan didukung software diantaranya powerpoint 2007 atau 2003, i spring pro, ditambah alat LCD dan laptop atau PC. Siswa diajak menganalisis melalui slide peta juga diberikan penugasan yang sesuai dengan kompetensi dasarnya tentang praktek pemetaan secara berkelompok atau indivdu sesuai dengan kemampuan kelas dikelola masing-masing guru


No comments:

Post a Comment